klikjurnal.com – Berbagai metode cara menggunakan ketumbar sebagai obat herbal adalah dengan cara meminum air rebusannya. Cara lainnya adalah dengan cara menambahkan ketumbar dengan jumlah yang lebih banyak ke dalam masakan.

Konsumsi ketumbar harus dalam jumlah wajar dan tidak berlebihan. Jika ingin benar-benar menggunakannya sebagi obat herbal, sebaiknya konsultasikan dulu sebelumnya dengan dokter dan ahli herbal.

Bolehkah Ibu Hamil dan Menyusui Mengonsumsi Ketumbar?

Banyak yang bertanya-tanya tentang manfaat ketumbar untuk ibu hamil dan menyusui. Sebagian menyatakan bahwa ketumbar lebih baik dihindari oleh ibu hamil dan menyusui, tapi ada juga yang menyatakan bahwa ketumbar banyak digunakan untuk meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui.

Ternyata manfaat ketumbar untuk ibu hamil dan menyusuai memang ada, tapi bukan berasal dari biji ketumbar, melainkan dari daun ketumbar yang memiliki kandungan asam folat. Penggunaan biji ketumbar sebagai obat herbal memang tidak disarankan untuk ibu hamil dan menyusui. Sedangkan untuk penggunaan ketumbar sebagai bumbu dapur masih diperbolehkan.

Efek Samping Ketumbar

Tidak semua orang dapat mengonsumsi ketumbar sebagai obat herbal, salah satunya ibu hamil dan menyusui seperti yang sudah disebutkan di atas. Selain itu, terdapat juga beberapa kondisi lain yang membuat seseorang tidak disarankan untuk mengonsumsi ketumbar seperti penderita penyakit hati, penderita gangguan pernapasan, pemilik kulit sensitif, dan orang yang alergi terhadap ketumbar.

Beberapa efek samping yang mungkin muncul dari penggunaan ketumbar adalah seperti mual, muntah, nafsu makan menurun, sakit kepala, dan sakit perut. Sedangkan pada orang yang hipersensitif pada ketumbar maka akan muncul gejala alergi seperti gatal, ruam merah, mata berair, dan reaksi alergi lainnya.

Sebagian dari manfaat ketumbar di atas telah dibuktikan secara ilmiah, tapi sebagian lagi juga masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Efek penggunaannya pada setiap orang juga berbeda-beda.

Maka dari itu, penggunaan sebagai obat herbal harus dilakukan dengan hati-hati. Sedangkan untuk penggunaan ketumbar sebagai bumbu dapur relatif aman untuk dilakukan.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya guys…!!!

2 KOMENTAR

  1. Long time supporter, and thought I’d drop a comment.

    Your wordpress site is very sleek – hope you don’t
    mind me asking what theme you’re using? (and don’t mind if I steal it?
    :P)

    I just launched my site –also built in wordpress like
    yours– but the theme slows (!) the site down quite a bit.

    In case you have a minute, you can find it by searching for “royal cbd” on Google (would
    appreciate any feedback) – it’s still in the works.

    Keep up the good work– and hope you all take care of yourself during the coronavirus scare!

Tinggalkan Balasan