6 Plugin Social Media Auto Publish

Plugin merupakan bagian yang terpenting dari ekosistem WordPress, karena ditujukan untuk membangun situs web yang besar dan dinamis. Seperti untuk membangun toko online atau bisnis-bisnis tertentu.


Secara singkat plugin didefinisikan sebagai kode software dengan fungsi tertentu yang memungkinkan aplikasi atau program untuk menjalankan fitur tambahan di aplikasi atau program tersebut.

Salah satu program atau aplikasi yang mendukung penggunaan plugin adalah WordPress. WordPress sendiri kini sudah menyediakan lebih dari 55 ribu plugin untuk memudahkan penggunanya menambahkan fitur tambahan di blog atau websitenya.

Dalam berbagi konten sosial diperlukan untuk setiap posting atau halaman yang Anda terbitkan untuk situs Anda, sehingga memiliki sistem posting otomatis ketika ini dibuat merupakan bagian integral dari tujuan akhir untuk mendapatkan visibilitas dan pembagian sosial.

Perlu diketahui yang perlu anda lakukan adalah menyiapkan media sosial anda, kemudian hubungkan setiap media sosial yang anda punya dengan plugin yang anda gunakan, cukup dengan klik satu kali, artikel anda sudah tersebar ke media sosial anda.

Plugin Dan Kegunaanya

Salah satu contoh kategori plugin WordPress yang paling populer adalah social media plugin. Social media plugin WordPress terbagi dalam lima fungsi, yaitu:

  • Auto publish: plugin ini berfungsi untuk membagikan artikel atau konten secara otomatis ke media sosial yang terhubung.
  • Ikon share: menambahkan ikon tombol share di media sosial untuk memudahkan pembaca berbagi di akun media sosialnya.
  • Profil media sosial: untuk menyediakan profil media sosial di website atau blog.
  • Sign up media sosial: memberikan fitur register, sign up, dan log in menggunakan akun media sosial.
  • Feed media sosial: menampilkan feed media sosial di website atau blog

Pada artikel kali ini, klikjurnal akan memberikan contoh tentang 6 Plugin Social Media Auto Publish WordPress terbaik. Yuk kita simak lebih lanjut:

1. Blog2Social

Fitur utama yang ditawarkan Blog2Social adalah memungkinkan penggunanya untuk membagikan artikel blog secara otomatis, terkustomisasi, dan terjadwal di media sosial.


Secara otomatis berbagi, memposting otomatis, mempublikasikan ulang, memposting ulang, dan menjadwalkan posting blog di media sosial: posting otomatis ke Facebook, Twitter, Google+, Google Bisnisku, LinkedIn, XING, Instagram, Pinterest, Flickr, Reddit, VK. com, Medium, Tumblr, Torial, Diigo dan Bloglovin.

Blog2Social menawarkan plugin versi gratis dan versi berbayar.

2. Revive Old Post
plugin social media wordpress terbaik revive old post

Di linimasa media sosial terkadang Anda bisa menemukan tweet atau post Facebook yang membagikan artikel-artikel lama. Membagikan artikel lama di media sosial bisa dapat dilakukan dengan plugin, salah satunya adalah Revive Old Post.

3. NextScript
plugin social media wordpress terbaik nextscripts

NextScript merupakan salah satu plugin social media WordPress auto publish populer dengan pengguna aktif sekitar 100 ribu pengguna. Selain otomatis membagikan konten blog/website ke media sosial, NextScript juga menyediakan fitur mengimpor komentar di media sosial ke WordPress.

Plugin ini secara otomatis menerbitkan posting dari blog Anda ke akun Media Sosial Anda seperti Facebook, Twitter, Google+ (Google Plus), Blogger, Tumblr, Flickr, LinkedIn, ok.ru, LiveJournal, DreamWidth, Flipboard, Instagram, Telegram, Line, Diigo , Instapaper, Pinterest, Plurk, VK.com (VKontakte), YouTube, Scoop.It, WordPress, XING dll.

4. Microblog Poster
plugin social media wordpress terbaik microblog poster

Selain Social Media Auto Publish dan Revive Old Post, Microblog Poster juga memberikan fitur yang hampir sama, yaitu posting otomatis konten website ke media sosial. Plugin ini sudah digunakan secara aktif oleh sekitar 10 ribu pengguna. Microblog akan membantu Anda untuk membagikan artikel di media sosial secara otomatis.

5. Social Media Auto Publish
plugin social media wordpress terbaik auto publish

 

Plugin ini hanya tersedia untuk tiga media sosial, yaitu Facebook, Twitter, dan LinkedIn. Pengguna bisa mengatur pesan otomatis untuk setiap media sosial dengan kustomisasi yang berbeda.

6. WordPress to Buffer
plugin social media wordpress terbaik to buffer

Buffer adalah layanan pengelola media sosial yang biasanya digunakan untuk menjadwalkan posting. Jika Anda menggunakan layanan Buffer, Anda bisa menambahkan plugin ini di website atau blog Anda.

Dengan memasang plugin WordPress to Buffer, setiap Anda merilis artikel di website atau blog akan otomatis tersambung ke akun Buffer Anda dan langsung membagikan artikel di website atau blog tersebut di media sosial yang sudah ditentukan.

Bagaimana Cara Menginstall Plugin ?

Pada halaman menu admin, kalian bisa menemukan Menu Plugins terletak tepat di bagian bawah menu Appearance. Kalian bisa memilihnya , lalu beberapa plugin yang telah terinstall, akan ditampilkan di bagian sebelah kanan.

 

Untuk mencari nama plugin dan menginstallnya, kalian tinggal pilih Add New. Lebih jelasnya kalian bisa perhatikan gambar di bawah:

Selanjutnya kalian bisa ketikan nama keyword plugin, di kolom kotak pencarian pojok kanan atas. Jika sudah ketemu plugin yang diinginkan, kalian bisa pilih tombol Install Now, lalu pilih tombol Activate.

Selamat mecoba ya gaess…! semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan